• Rabu, 1 Desember 2021

Khutbah Jumat: Hari Santri dan Cara Jihad Masa Kini

- Jumat, 22 Oktober 2021 | 08:56 WIB
Ilustrasi khutbah Jumat. (PIXABAY/Mojpe)
Ilustrasi khutbah Jumat. (PIXABAY/Mojpe)

MATERI khutbah Jumat ini mengulas tentang pentingnya melanjutkan spirit resolusi jihad para ulama dan santri dahulu dalam berjuang untuk Indonesia.

Penerjemahan dari semangat itu, dalam konteks masa kini, salah satu yang paling cocok adalah jihad di bidang ilmu pengetahuan.

Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) sendiri dilakukan setiap tanggal 22 Oktober. Berarti untuk tahun 2021 ini jatuh tepat pada hari Jumat.

Baca Juga: Enam Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat, Disinari Cahaya Allah SWT, Terhindar dari Fitnah Dajjal

Penetapan Hari Santri Nasional dilakukan oleh Presiden Jokowi. Tepatnya pada tanggal 22 Oktober 2015 lalu.

Penetapan itu dipusatkan di Masjid Istiqlal Jakarta. Penetapan Hari Santri Nasional dimaksudkan untuk mengingat dan meneladani semangat jihad para santri merebut serta mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang digelorakan para ulama.

Berikut di bawah ini khutbah Jumat dengan judul Hari Santri dan Cara Jihad Masa Kini yang dikutip dari NU Online per 22 Oktober 2021:

الحَمْدُ لِلّٰهِ الْمَلِكِ الدَّيَّانِ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى مُحَمَّدٍ سَيِّدِ وَلَدِ عَدْنَانَ، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَتَابِعِيْهِ عَلَى مَرِّ الزَّمَانِ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَّا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ الْمُنَـزَّهُ عَنِ الْجِسْمِيَّةِ وَالْجِهَةِ وَالزَّمَانِ وَالْمَكَانِ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الَّذِيْ كَانَ خُلُقُهُ الْقُرْآنَ أَمَّا بَعْدُ، عِبَادَ الرَّحْمٰنِ، فَإنِّي أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِي بِتَقْوَى اللهِ المَنَّانِ، الْقَائِلِ فِي كِتَابِهِ الْقُرْآنِ: يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ  

Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah... Mengawali khutbah pada siang hari yang penuh keberkahan ini, khatib berwasiat kepada kita semua terutama kepada diri khatib pribadi untuk senantiasa berusaha meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah subhanahu wata’ala dengan melakukan semua kewajiban dan meninggalkan seluruh yang diharamkan.

Halaman:

Editor: Reynaldi Agustian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jadwal Puasa Sunnah Bulan November 2021 dan Niatnya

Senin, 1 November 2021 | 10:05 WIB

Khutbah Jumat: Hari Santri dan Cara Jihad Masa Kini

Jumat, 22 Oktober 2021 | 08:56 WIB
X