• Rabu, 27 Oktober 2021

Teks Khutbah Jumat: Maulid Nabi Amalan Bagus yang Dianjurkan

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 12:56 WIB
Ilustrasi Khutbah Jumat. Pexels/Fuzail Ahmad.
Ilustrasi Khutbah Jumat. Pexels/Fuzail Ahmad.

NASKAH khutbah Jumat kali ini menjelaskan tentang Maulid Nabi Muhammad SAW. Karena saat ini bertepatan dengan bulan Rabiul Awal, bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Maulid Nabi Muhammad SAW bukan hanya sebagai tradisi yang positif tapi juga aktivitas yang mengandung nilai ibadah.

Para ulama sepakat akan keutamaan dan anjuran melaksanakan atau merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga: Inspirasi Nama Anak Perempuan Islam yang Lahir di Bulan Maulid

Berikut di bawah ini teks khutbah Jumat bertepatan dengan momentum perayaaan Maulid Nabi Muhammad SAW, dikutip dari nu.online. 

الحَمْدُ لِلّٰهِ الْمَلِكِ الدَّيَّانِ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى مُحَمَّدٍ سَيِّدِ وَلَدِ عَدْنَانَ، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَتَابِعِيْهِ عَلَى مَرِّ الزَّمَانِ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَّا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ الْمُنَـزَّهُ عَنِ الْجِسْمِيَّةِ وَالْجِهَةِ وَالزَّمَانِ وَالْمَكَانِ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الَّذِيْ كَانَ خُلُقُهُ الْقُرْآنَ

أَمَّا بَعْدُ، عِبَادَ الرَّحْمٰنِ، فَإنِّي أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِي بِتَقْوَى اللهِ المَنَّانِ، الْقَائِلِ فِي كِتَابِهِ الْقُرْآنِ: وَمَنْ يُّشَاقِقِ الرَّسُوْلَ مِنْۢ بَعْدِ مَا تَبَيَّنَ لَهُ الْهُدٰى وَيَتَّبِعْ غَيْرَ سَبِيْلِ الْمُؤْمِنِيْنَ نُوَلِّهٖ مَا تَوَلّٰى وَنُصْلِهٖ جَهَنَّمَۗ وَسَاۤءَتْ مَصِيْرًا (النساء: ١١٥)   

Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah... Mengawali khutbah pada siang hari yang penuh keberkahan ini, khatib berwasiat kepada kita semua terutama kepada diri khatib pribadi untuk senantiasa berusaha meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah subhanahu wata’ala dengan melakukan semua kewajiban dan meninggalkan seluruh yang diharamkan.

Kaum Muslimin jamaah salat Jumat rahimakumullah, ayat yang kami baca di atas menunjukkan bahwa orang yang menginginkan keselamatan haruslah mengikuti dan menetapi sabilul mukminin, yakni perkara yang disepakati oleh para ulama kaum muslimin. 

Halaman:

Editor: Reynaldi Agustian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Khutbah Jumat: Hari Santri dan Cara Jihad Masa Kini

Jumat, 22 Oktober 2021 | 08:56 WIB

Nasihat dari Buya Yahya; Agar Anak Berbahagia

Senin, 11 Oktober 2021 | 14:40 WIB
X