• Rabu, 1 Desember 2021

Mohammad Yamin, Perumus Teks Sumpah Pemuda asal Sumatera Barat, Ini Profil Lengkapnya

- Rabu, 27 Oktober 2021 | 11:25 WIB
Mohammad Yamin. (Wikipedia).
Mohammad Yamin. (Wikipedia).

MOMENTUM Sumpah Pemuda adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, yakni pada 27-28 Oktober 1928. Saat itu digelar di Batavia atau kini Jakarta.

Keputusan ini menegaskan cita-cita akan adanya tanah air Indonesia, bangsa Indonesia, dan bahasa Indonesia. Keputusan ini juga diharapkan menjadi asas bagi setiap perkumpulan anak bangsa Indonesia.

Lalu, darimana datangnya istilah Sumpah Pemuda? Nah, ternyata istilah Sumpah Pemuda sendiri sebenarnya tidak muncul dalam putusan kongres, melainkan diberikan setelahnya.

Baca Juga: Profil Sudi Silalahi, Jenderal Kepercayaan SBY

Rumusan Kongres Sumpah Pemuda ditulis oleh Mohammad Yamin pada secarik kertas yang disodorkan kepada Soegondo ketika Mr Sunario tengah berpidato pada sesi terakhir kongres (sebagai utusan kepanduan).

Ketika itu, sambil berbisik kepada Soegondo: “Ik heb een eleganter formulering voor de resolutie (Saya mempunyai suatu formulasi yang lebih elegan untuk keputusan Kongres ini),” kata Mohammad Yamin.

Soegondo lalu membubuhi paraf pada kertas tersebut sebagai tanda bahwa ia menyetujui usulan Mohammad Yamin. Sebelum akhirnya diteruskan kepada yang lain untuk ikut memberikan paraf.

Baca Juga: Mantan Mensesneg Sudi Silalahi Meninggal Dunia

Sumpah Pemuda itu lalu dibacakan oleh Soegondo, sebelum akhirnya dijelaskan panjang lebar oleh Mohammad Yamin. Pada awalnya, rumusan singkat Mohammad Yamin itu dinamakan ikrar pemuda, lalu diubah oleh Mohammad Yamin sendiri menjadi Sumpah Pemuda

Halaman:

Editor: Reynaldi Agustian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X