• Senin, 5 Desember 2022

Hari Anak Sedunia 2022: Fakultas Kedokteran UGJ Adakan One Day Seminar Pencegahan Stunting

- Jumat, 25 November 2022 | 08:47 WIB
Fakultas Kedokteran UGJ Adakan One Day Seminar Pencegahan Stunting
Fakultas Kedokteran UGJ Adakan One Day Seminar Pencegahan Stunting

JAKARTA, KLIKAKTUAL.COM - Fakultas kedokteran Universitas Gunung Jati (UGJ) Cirebon menyelenggarakan one day seminar dengan tema pencegahan stunting dalam rangka hari anak sedunia, pada hari Kamis 24 November 2022.

Kegiatan One Day seminar tersebut bekerjasama dengan Asosiasi Fakultas Kedokteran Swasta Indonesia (AFKSI) yang bertempat di kampus UGJ tepatnya di Gedung Fakultas Kedokteran.

Dalam kegiatan itu, Dekan Fakultas Kedokteran UGJ yakni Dokter Catur Setia Sulistiya  berharap agar membantu pemerintah terutama negara Indonesia dan pemerintah daerah di Ciayumajakuning untuk bagaimana caranya menekan angka stunting.

Baca Juga: DP3APPKB Kota Cirebon Resmikan Kampung Keluarga Berkualitas Janur Kuning

"Dimana kita berharap FK UGJ membantu pemerintah, utamanya negara Indonesia tentunya nasional dan pemerintah daerah di wilayah Ciayumajakuning, Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Majalengka, Indramayu dan Kuningan, untuk bagaimana supaya menekan angka stunting," Ujar Dokter Catur Setia Sulistiya selaku Dekan Fakultas Kedokteran.

Menurutnya bahwa stunting ini merupakan menekan angka nasional, ia berharap dengan adanya peran fakultas kedokteran bisa membantu pemerintah daerah dalam upaya menekan angka stunting.

Ia juga memaparkan bahwa kegiatan one day seminar ini adalah salah satu kegiatan yang mana mengundang ketua TPPS, tim penanggulangan stunting dari Ciayumajakuning, dinas kesehatan dan dinas terkait dengan BKBPN serta pemberdayaan wanita.

Baca Juga: 10 Link Twibbon Hari Gutu Nasional 2022 Cocok Dijadikan Story IG atau WA

Ia juga mengundang seluruh kader 60 puskesmas kabupaten dan 22 puskesmas kota, serta pendamping keluarga, dimana membekali ilmu mengenai edukasi kepada masyarakat terkait dengan stunting.

"Karena stunting ini kan menekan masalah nasional, diharapkan dengan peran kita sebagai fakultas kedokteran itu bisa membantu pemerintah daerah dalam upaya menekan angka stunting," ujar Dokter Catur Setia Sulistiya.

Dalam kegiatan one day seminar itu, fakultas kedokteran UGJ menghadirkan salah satu pakar dokter kandungan, dokter anak, dokter gizi klinik dan psikolog.

Baca Juga: Contoh Teks dan Naskah Sambutan di Hari Guru Nasional yang Singkat dan Mudah Dihafal

Menurut Dokter Catur Setia Sulistiya, di hadirkannya para pakar tersebut dengan harapan agar bisa mendapatkan sebuah ilmu mengenai edukasi terkait stunting.

"Harapannya supaya bisa mendapatkan ilmu keterkaitan tentang edukasi angka stunting," ujarnya.

Ia juga membagikan kepada mereka gloucat yang mana buku ini adalah buku tumbuh kembang anak dan juga meteran, guna untuk alat bantu buat para kara kader dalam menegakan denoskrating di desanya masing masing.

Baca Juga: Link Nonton Love Is For Suckers Episode 14 Lengkap dengan Spoiler

Dokter Catur Setia Sulistiyana juga menambahkan bahwa, di Indonesia ternyata angka stunting itu tinggi, menurutnya dengan adanya stunting ini tentunya akan merugikan sebuah negara.

Sebab dengan angka stunting yang tinggi untuk nasional itu sekitar 24,4 % itu akan berpengaruh pada masyarakat Indonesia.

Karena jika stunting banyak terdapat di suatu negara, nantinya itu akan berdampak pada para generasi penerusnya.***

Editor: Rema Rismawati

Tags

Terkini

X