• Senin, 5 Desember 2022

DP3APPKB Kota Cirebon Resmikan Kampung Keluarga Berkualitas Janur Kuning

- Jumat, 25 November 2022 | 08:37 WIB
DP3APPKB Kota Cirebon Meresmikan Kampung Keluarga Berkualitas Janur Kuning
DP3APPKB Kota Cirebon Meresmikan Kampung Keluarga Berkualitas Janur Kuning

JAKARTA, KLIKAKTUAL.COM - Dinas Pemberdayaan perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kota Cirebon meresmikan RW 05 Kebon kelapa Timur, Kelurahan Kejaksan, Kecamatan Kejaksan sebagai Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) Janur Kuning.

Persemian tersebut di selenggarakan pada hari Kamis 24 November 2022 di Baperkam RW 05 Kebon Kelapa Timur, Kelurahan Kejaksan, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon.

Dalam peresmian itu hadir pula wakil wali kota Cirebon yakni Eti Herawati, kepala DP3APPKB kota Cirebon yakni Suwarso Budi Winarno dan segenap para tamu undangan yang lainnya.

Baca Juga: Ajak Seluruh Masyarakat Indonesia Vaksin Dosis Kedua Covid-19, Jokowi Sebut Produksi Dalam Negeri Ampuh

Dalam hal itu, wakil wali Kota Cirebon yakni Eti Herawati mengatakan bahwa pelantikan Kampung berkualitas dan kebetulan ini merupakan tahun anggaran yang terakhir yang ke tujuh belas dan sisa limanya itu nanti di tahun depan.

"Ini pelantikan kampung berkualitas, kebetulan ini tahun anggaran terakhir yah ke tujuh belas, kira kira sampe ke 22 dan sisa limanya tahun depan," kata Eti Herawati saat di wawancarai oleh klikaktual.com.

Ia berharap semoga target target dari kampung kampung berkualitas juga bisa tercapai di kota Cirebon, menurutnya yang paling utama adalah di seluruh distikholder memang harus selalu memberikan suport untuk bisa selalu bergandengan tangan.

Baca Juga: Jumlah Suntikan Vaksin Covid-19 di Indonesia, Seruan Lakukan Dosis Penguat Dimulai dari Lansia

Wakil wali kota juga menambahkan bahwa kampung KB Janur Kuning, ini juga membutuhkan intervensi program dari perangkat daerah terkait, bukan hanya DP3APPKB. Intervensi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dalam mewujudkan keluarga kecil yang berkualitas.

Selanjutnya kepala DP3APPKB Kota Cirebon yakni Suwarso Budi Winarno mengungkapkan, Kampung KB Janur Kuning ini merupakan sebagai wadah bagi perangkat daerah untuk mengintervensi program, terutama yang berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat.

"Perangkat daerah bisa menjalankan program seperti pencegahan gizi buruk oleh Dinkes, rumah tidak layak huni oleh DPRKP dan intervensi program lain oleh perangkat daerah terkait lainnya, " ungkap Budi.

Baca Juga: 15 Link Twibbon Hari Guru Nasional 2022 Cocok Diunggah di Media Sosial

Menurutnya, setelah Kampung KB ini di resmikan, nanti bisa langsung menjalankan program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana), seperti bina keluarga balita, bina keluarga remaja dan bisa keluarga lansia.

"Program Bangga Kencana bisa langsung berjalan dengan dibantu pengurus Kampung KB dan tim pendamping keluarga," ujarnya.

Ia dan juga pihaknya telah merampungkan pemutakhiran data keluarga. Data ini nantinya akan menjadi rujukan bagi perangkat daerah dalam menjalankan program pada 2023 mendatang. Sehingga program yang berjalan terarah dan tepat sasaran.***

Editor: Rema Rismawati

Tags

Terkini

X