• Minggu, 22 Mei 2022

Kebakaran Kilang Terulang, Amin: Pertamina Seakan Tak Pernah Belajar dari Peristiwa Sebelumnya

- Senin, 15 November 2021 | 13:51 WIB
Pertamina sudah berhasil memadamkan api di salah satu tangki di Kilang Cilacap. Pertamina memastikan kilang minyak di Cilacap dan pasokan BBM berjalan normal setelah kejadian itu. (Dok. Pertamna.com)
Pertamina sudah berhasil memadamkan api di salah satu tangki di Kilang Cilacap. Pertamina memastikan kilang minyak di Cilacap dan pasokan BBM berjalan normal setelah kejadian itu. (Dok. Pertamna.com)

JAKARTA, Klikaktual.com- Peristiwa kebakaran di kilang minyak milik Pertamina terulang lagi. Tahun ini bahkan sudah sampai tiga kali kejadian.

Tak heran, berulangnya peristiwa kebakaran kilang minyak milik Pertamina memunculkan beragam spekulasi. Terutama terkait penyebab kebakarannya.

Hal itu seperti disampaikan Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PKS, Amin Ak. Dia pun mendesak pihak PT Pertamina mengevaluasi sistem keamanan kilang minyak miliknya.

Baca Juga: Makin Seru Luhut versus Haris Azhar, Tiga Kali Gagal Mediasi, Harus Dituntaskan lewat Pengadilan

Menurut Amin, spekukasi muncul karena peristiwa kebakaran seakan menunjukkan Pertamina tidak pernah belajar dari peristiwa serupa sebelumnya. Kata Amin, tak sedikit yang menganggap Pertamina berlaku abai dalam menerapkan standar keamanan.

“Kilang minyak itu merupakan fasilitas vital dan strategis dan bersentuhan dengan hajat hidup orang banyak, menjadi aneh karena dalam tahun ini saja sudah tiga kali terbakar,” kata Amin, dikutip dari laman resmi Fraksi PKS pada Senin (15/11/2021).

Lebih lanjut Amin mengatakan, sudah semestinya kilang minyak itu memiliki protokol pengoperasian, pemeliharaan dan pengamanan yang ketat. 

Baca Juga: Profil Bupati Banyumas, Viral Gara-gara Meminta KPK Beri Pemberitahuan Dulu sebelum OTT Kepala Daerah

Di antaranya dalam upaya pencegahan agar tidak terjadi lagi kebakaran, terlebih Pertamina mengklaim sudah sesuai standar internasional.

Halaman:

Editor: Reynaldi Agustian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ada RUU HPP, NIK akan Jadi NPWP

Minggu, 22 Mei 2022 | 10:02 WIB

Ini Penyebab Suhu Udara Tinggi di Indonesia

Sabtu, 21 Mei 2022 | 22:57 WIB
X