• Rabu, 1 Desember 2021

Amalan Penuh Berkah yang Dianjurkan Menyambut Maulid Nabi

- Senin, 18 Oktober 2021 | 21:56 WIB
Amalan Sunnah Maulid Nabi (Ilustrasi - Blitnews)
Amalan Sunnah Maulid Nabi (Ilustrasi - Blitnews)

UMAT Islam di seluruh dunia tengah bersuka cita menyambut hari kelahiran atau Maulid Nabi Muhammad SAW, yang diperingati setiap 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriah, atau bertepatan dengan 19 Oktober 2021 ini.

Perayaan tersebut sudah menjadi tradisi umat Islam di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Perayaan ini sudah digelar dari masa ke masa dan generasi ke generasi.

Di samping itu, umat Muslim juga melakukan sejumlah amalan bulan Rabiul Awal. Amalan tersebut dapat mendatangkan berkah bagi seorang Muslim. Apa saja amalannya? Simak ulasan berikut ini.

1. Memperbanyak Shalawat

Umat Muslim diajarkan untuk memperbanyak shalawat di bulan Rabiul Awal sebagai bentuk amalan.  Shalawat merupakan doa dan serua kepada Allah SWT untuk memohon berkah.

Sholawat juga dapat diartikan sebagai penghargaan dan kehoramatan yang agung kepada Rasulullah SAW. Perintah bersholawat sudah jelas sebagaimana tercantum dalam Al Quran Surat Al Ahzab : 56.

"Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi, Hai orang-orang yang beriman! Bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya." (QS. Al-Ahzab: 56)

Berikut bacaan shalawatnya:

Allahuma shalli ala muhammadin wa ala aali muhammadin.

Halaman:

Editor: Danita Aulia

Tags

Terkini

Jadwal Puasa Sunnah Bulan November 2021 dan Niatnya

Senin, 1 November 2021 | 10:05 WIB

Khutbah Jumat: Hari Santri dan Cara Jihad Masa Kini

Jumat, 22 Oktober 2021 | 08:56 WIB
X