• Sabtu, 25 Juni 2022

Ini 3 Isu Utama yang Dibahas Kemenag dalam Revisi KMA soal Umrah Masa Pandemi Covid-19

- Selasa, 14 September 2021 | 18:30 WIB
Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Khoirizi. Dok. Kemenag.
Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Khoirizi. Dok. Kemenag.

JAKARTA, Klikatual.com - Kementerian Agama (Kemenag) akan fokus kepada tiga isu utama dalam pembahasan revisi KMA penyelenggaraan umrah masa Pandemi Covid-19.

Ketiga isu itu adalah suspend dari Pemerintah Arab Saudi, vaksin dan protokol kesehatan.

Demikian dikatakan Plt. Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Khoirizi dalam webinar Forum Group Discussion (FGD) membahas revisi Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 719 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Perjalanan Ibadah Umrah pada Masa Pandemi Covid-19, Senin (13/9/2021).

“Ada tiga isu mendasar yang harus menjadi perhatian bersama, yaitu suspend Arab Saudi, vaksin, dan protokol kesehatan,” kata Khoirizi.

Meski bertahap, kata Khoirizi, suspend saat ini sudah mulai dibuka untuk mukimin atau ekspatriat yang memiliki izin tinggal di Arab Saudi (iqamah).

Terkait vaksin, lanjut Khoirizi, Arab Saudi menggunakan empat jenis, yaitu Pfizer, Astra Zeneca, Moderna, dan Johnson & Johnson.

Selain suspend dan vaksin, Khoirizi mengingatkan tentang protokol kesehatan yang harus dipatuhi dalam penyelenggaraan ibadah umrah pada masa Pandemi Covid-19.

“Banyak hal yang harus didiskusikan bersama agar umrah bisa dilaksanakan dengan baik apabila Arab Saudi membuka umrah untuk Indonesia,” imbuhnya.

Selain teknis penyelenggaraan perjalanan ibadah umrah, Khoirizi juga meminta agar revisi KMA bisa mengakomodir mitigasi pengamanan dana jemaah umrah, serta upaya meningkatkan fungsi koordinasi antar stakeholder.

“Koordinasi antar K/L sangat penting. Kita harus mampu meyakinkan Arab Saudi bahwa Indonesia dapat memberangkatkan umrah dengan baik. Oleh karena itu, sinergitas K/L dan stakeholder lainnya sangat dibutuhkan,” kata Khoirizi menambahkan. 

Halaman:

Editor: Ibnu Sumantri

Tags

Terkini

Niat, Doa dan Tata Cara Sholat Ghaib

Sabtu, 4 Juni 2022 | 11:43 WIB

6 Rukun Iman berserta Dalilnya

Kamis, 2 Juni 2022 | 23:17 WIB
X