• Sabtu, 25 Juni 2022

Bolos 10 Hari Kerja, Ini Sanksi yang Didapat ASN

- Kamis, 23 Juni 2022 | 19:04 WIB
Ilustrasi ASN
Ilustrasi ASN

JAKARTA, Klikaktual.com - Pengawasan kinerja ASN terus dilakukan oleh pemerintah. Salah satunya dengan mengeluarkan aturan baru mengenai ASN.

Surat Edaran (SE) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Nomor 16 Tahun 2022 yang ditandatangani oleh Menpan-RB Tjahjo Kumolo, resmi diterbitkan pada Jum,17 Juni 2022.

Dari SE tersebut menjelaskan apabila ASN bolos bekerja selama 10 hari secara terus-menerus dapat dikenakan sanksi pemecatan.

Baca Juga: Kronologi Jatuhnya Pesawat Susi Air di Papua, Begini Suasana Evakuasi 6 Penumpang

Dalam SE dimaksud, Tjahjo meminta Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) mengawasi ketentuan jam kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan masing-masing dan meningkatkan kepatuhan ASN dalam menaati ketentuan jam kerja tersebut.

Bagi PNS yang tidak masuk kerja tanpa alasan yang sah secara kumulatif selama 28 hari kerja atau lebih dalam 1 tahun akan diberikan hukuman pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sendiri sebagai PNS.

Baca Juga: Sri Lanka Bangkrut karena Utang, Makanan hingga Bahan Bakar Langka

SE 16/2022 ditujukan bagi Menteri Kabinet Indonesia Maju, Sekretaris Kabinet, Panglima TNI, Kapolri, Jaksa Agung RI, Kepala BIN, Kepala LPNK, Pimpinan Kesekretariatan Lembaga Negara, Kesekretariatan Lembaga Non-Struktural, Pimpinan Lembaga Penyiaran Publik, Gubernur, Bupati dan Wali Kota.

"Sebagai upaya pencegahan pelanggaran tidak masuk kerja yang lebih berat, serta percepatan pembinaan PNS yang melanggar ketentuan masuk kerja di lingkungannya, PPK perlu membangun sistem pengawasan terhadap kehadiran pegawai dengan lebih cepat dan akurat sesuai dengan karakteristik masing-masing," ujar Menpan-RB Tjahjo Kumolo.

Halaman:

Editor: Ida Ayu Komang

Tags

Terkini

755 Bayi di Pangandaran Mengalami Stunting

Sabtu, 25 Juni 2022 | 12:22 WIB

Negara Gagal Bayar Utang, Apa yang Terjadi?

Sabtu, 25 Juni 2022 | 11:56 WIB
X