• Sabtu, 25 Juni 2022

Ada RUU HPP, NIK akan Jadi NPWP

- Minggu, 22 Mei 2022 | 10:02 WIB
Data Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan data Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) akan diintegrasikan. (Dok. Hallo Media/Banny Rachman)
Data Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan data Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) akan diintegrasikan. (Dok. Hallo Media/Banny Rachman)

JAKARTA, Klikaktual.com - Rancangan Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (RUU HPP) sedang disusun. Salah satu poin utamanya adalah mengeluarkan kebijakan bahwa Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Hal tersebut tertulis di dalam draf RUU HPP Bab II pasal 2 (1a) yang sudah disetujui oleh pihak Kementerian Keuangan dengan Komisi XI DPR.

“Nomor Pokok Wajib Pajak sebagaimana dimaksud pada ayat (1) bagi Wajib Pajak orang pribadi yang merupakan penduduk Indonesia menggunakan nomor induk kependudukan,” dikutip dalam draf RUU HPP Bab II Pasal 2 (1a).

Pasal ini merupakan pasal yang baru dibuat dan sudah disisipkan pada saat pembahasan RUU HPP.

Baca Juga: Spesifikasi Lengkap HP Samsung Galaxy A33 5G, Beserta Harganya

“RUU ini akan memperkuat reformasi administrasi perpajakan yang saat ini dilakukan oleh pemerintah, melalui implementasi NIK sebagai NPWP untuk Wajib Pajak orang pribadi,” kata Sri Mulyani.

Sri Mulyani menyebutkan RUU HPP sudah disepakati oleh pemerintah dan DPR. Sri Mulyani percaya diri bahwa RUU HPP akan memberikan manfaat untuk membangun sistem pajak yang adil, sehat, efektif dan akuntabel untuk menjaga kepentingan Indonesia di hari-hari kedepan.

Baca Juga: Cek Spesifikasi Lengkap HP Samsung Galaxy A53 5G, Beserta Harganya

“Implementasi berbagai ketentuan yang termuat dalam RUU tersebut diharapkan akan berperan dalam mendukung upaya percepatan pemulihan ekonomi dan mewujudkan perekonomian yang berkelanjutan,” jelas Sri Mulyani.

Halaman:

Editor: Ida Ayu Komang

Tags

Terkini

755 Bayi di Pangandaran Mengalami Stunting

Sabtu, 25 Juni 2022 | 12:22 WIB

Negara Gagal Bayar Utang, Apa yang Terjadi?

Sabtu, 25 Juni 2022 | 11:56 WIB
X