• Rabu, 26 Januari 2022

Perang Kemenyan Jadi Tradisi Pelaksanaan Pilwu di Kabupaten Cirebon

- Minggu, 21 November 2021 | 18:45 WIB
Perang kemenyan atau sesajen menjadi tradisi saat pemilihan Kuwu di Kabupaten Cirebon. Foto: Mentari Samana
Perang kemenyan atau sesajen menjadi tradisi saat pemilihan Kuwu di Kabupaten Cirebon. Foto: Mentari Samana

CIREBON, Klikaktual - Pelaksanaan pemilihan kuwu (pilwu) serentak di Kabupaten Cirebon diwarnai perang kemenyan.

Tradisi ini menjadi kearifan lokal yang biasa terjadi saat pilwu di Kabupaten Cirebon. Seperti sesajen dengan media kemenyan manjadi salah satu tradisi yang tidak bisa dilepaskan dalam setiap kali kegiatan adat, termasuk dalam pelaksanaan demokrasi di tingkat desa atau Pemilihan Kuwu (Pilwu).

Menjelang Pelaksanaan Pilwu serentak di Kabupaten Cirebon, berbagai upaya dilakukan oleh calon kuwu untuk mendapatkan simpati dan dukungan dari masyarakat desa tersebut.

Baca Juga: Bocoran Ikatan Cinta 21 November 2021 : Jessica Menangis hingga Pingsan Usai Temui Rendy?

Selain upaya sosialisasi yang dilakukan oleh calon kuwu, para calon kuwu juga biasanya menggunakan unsur kemenyan sebagai salah satu upaya agar tidak diserang oleh pihak lawan lewat jalur magis.

"Membakar kemenyan adalah salah satu tradisi yang dilaksanakan oleh masyarakat Cirebon, mana kala mau menjalankan hajat apapun, membakar kemenyan tidak pernah lepas," ujar Sukirno, salah satu warga Kecamatan Suranenggala, Kabupaten Cirebon, Minggu (21/11/2021).

Sukirno juga mengatakan, untuk bisa memenuhi hajatnya dan terpilih sebagai kuwu, biasanya calon kuwu tidak hanya menggunakan media membakar kemenyan saja, tapi ada juga yang menggunakan media ayam jantan (jago).

Baca Juga: Jadi OST Merindu Cahaya de Amstel, Begini Lirik Lagu Brisia Jodie - Tabu

"Masyarakat mempercayai kalau ayam yang sering bersuara maka calon itu akan menang, dan begitu juga sebaliknya," katanya.

Halaman:

Editor: Ganendra Aprilio

Tags

Terkini

Korem 063/SGJ Laksanakan Upacara 17an Awal Tahun 2022

Senin, 17 Januari 2022 | 23:15 WIB
X