• Rabu, 28 September 2022

Menjaga Daya Tahan Tubuh Di Musim Pancaroba 

- Senin, 13 Juni 2022 | 23:33 WIB
Tips menjaga kesehatan saat musim pancaroba.
Tips menjaga kesehatan saat musim pancaroba.

CIREBON, KLIKAKTUAL.COM - Memasuki musik pancaroba tentunya selalu identik dengan munculnya berbagai penyakit. Seperti demam berdarah, diare, batuk, tifus hingga flu. Saat musim pancaroba, beberapa virus dan bakteri mulai gencar menyerang tubuh kita. Alhasil, sistem imun jadi melemah dan lebih mudah sakit.
 
Tak hanya itu juga musim pancaroba ini ditandai dengan pergantian cuaca yang tidak menentu terkadang saat pagi hari cuaca sangat terik dan sore harinya turun hujan ataupun sebaliknya. Meski di musim pancaroba semua penyakit bisa disembuhkan namun hal tersebut tentulah sangat menggangu aktivitas sehari-hari. Nah lantas bagaimana agar dapat mencegah virus tersebut masuk ke tubuh ? 
 
Yuh simak tips berikut ini :
 
1. Konsumsi Asupan Makanan yang Bergizi
 
Dengan rajin mengkonsumsi asupan makanan bergizi tentunya organ tubuh kita dapat bekerja secara normal dengan baik. Beberapa makanan bisa mencegah penyakit karena kandungan vitamin C, zat besi, dan protein di dalamnya ternyata secara khusus dapat mendukung sistem kekebalan tubuh.
 
Misalnya kita dapat memenuhi kebutuhan gizi dengan mengkonsumi berbagai makanan, seperti jeruk, daging merah, telur, ikan, dan sayuran hijau.
 
Sebaliknya, kurangi asupan makanan yang mengandung lemak tinggi, pengawet, atau pemanis buatan. Terlalu banyak mengonsumsi jenis makanan tersebut dapat memicu peradangan dalam tubuh.
 
2. Rutin Mengkonsumsi Air Putih
 
Air putih memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh kita dan sangat baik untuk membantu proses metabolisme dalam tubuh. Disarankan juga tubuh kita mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas atau setara dengan 2 liter setiap harinya.
 
3. Istirahat yang Cukup
 
Menurut Harvard Health, salah satu cara yang paling tepat agar tubuh tetap sehat adalah cukup tidur. Itu berarti kamu harus tidur selama 7 hingga 9 jam setiap malam. Saat kamu tidur, tubuh akan menggunakan waktu itu untuk melakukan pemulihan kritis dan perbaikan fungsi-fungsi penting, termasuk sistem kekebalan tubuh.
 
Penelitian juga menemukan bahwa seseorang yang tidak cukup tidur selama satu malam saja dapat berkurang kekebalannya hingga 70 persen. 
 
4. Menjaga Kebersihan Lingkungan 
 
Tips ini sangatlah penting kamu bisa menerapkannya dengan cara rutin cuci tangan pakai sabun selama 20 detik, dan membersihkan area tempat tinggalmu.
 
Jika masih ada sampah yang bertumpuk di selokan, segera bersihkan. Jangan lupa juga ikat rapat-rapat semua sampah serta menutup tempat penampungan air agar tidak menjadi sarang nyamuk. Tempat yang kotor akan menjadi rumah bagi hewan-hewan pembawa virus dan bakteri. Ini tentu saja membuat kamu mudah terserang penyakit.
 
Itulah beberapa tips yang bisa kamu jalankan untuk menjaga daya tahan tubuh ketika musim pancaroba datang. Ingat mencegah lebih baik daripada mengobati. 
 

Editor: Danita Aulia

Tags

Terkini

Manfaat Buah Ciplukan Untuk Kesehatan

Minggu, 10 Juli 2022 | 14:48 WIB

6 Cara Hilangkan Batuk dengan Cepat dan Aman

Sabtu, 25 Juni 2022 | 09:52 WIB

Kenali 8 Penyebab Penyakit Asam Urat

Senin, 20 Juni 2022 | 21:57 WIB

5 Bahan Alami yang Bikin Wajah Glowing

Kamis, 16 Juni 2022 | 12:17 WIB
X