• Rabu, 1 Desember 2021

Penyintas Covid Alami Rambut Rontok? Ini Penjelasan Dokter Tirta

- Rabu, 27 Oktober 2021 | 06:00 WIB
Ilustrasi rambut rontok
Ilustrasi rambut rontok

JAKARTA, Klikaktual.com - Kerontokan rambut secara masif dikeluhkan oleh sebagian penyintas covid. Padahal, jarak waktu dari terkena covid dengan mengalami rontok terbilang cukup lama. Yakni, tiga bulan. 

Dokter Tirta Mandira Hudhi atau akrab disapa dr Tirta dalam YouTube Tirta PengPengPeng menjelaskan, kondisi kerontokan yang dialami penyintas Covid  disebut Sindrom Telogen Effluvium. 

Dikutip dr Tirta dari jurnal  yang dipublikasikan oleh American Academy Of Dermatology Assosciation, Sindrom Telogen Effluvium adalah kerontokan rambut secara masif temporer dalam waktu singkat dikarenakan stres atau syok pada tubuh. 

"Contoh, kenapa potong rambut, rambutnya bisa tumbuh? Karena rambut yang rontok akan digantikan dengan yang baru, jadi folikel rambut yang hilang dengan folikel rambut yang baru akan selalu imbang. Ketika tubuh mengalami fase stres, seperti demam, panik, cemas ya kan, itu tubuh akan secure di energi yang utama. Jadi dia akan kayak pesawat ruang angkasa gitu yang nggak penting dibuang. Ternyata tubuh menganggap rambut tidak penting otomatis dirontokkan sama dia," papar pria yang juga dikenal sebagai pengusaha tersebut.

Hal tersebut bertujuan agar energi terfokus untuk pemulihan setelah terkena covid. Dalam proses pemulihan tersebut dampaknya rambut menjadi rontok. 

"Artinya, ketika terkena covid dalam waktu tiga bulan tersebut masih ada sel-sel paru yang dianggap masih lebih penting daripada rambut. Kalau tidak ada rambut masih bisa hidup. Tetapi kalau tidak ada paru kita mati. Jadi tubuh, proteinnya dipakai untuk recovery di paru saja," jelasnya. 

Namun, dr Tirta menegaskan tidak perlu khawatir. Umumnya, kondisi tersebut berlangsung hanya satu bulan. "Loh dok kalau rontok terus gimana? Kamu mencari dokter kulit terdekat, dicek siapa tahu malah kena dermatitis seboroik yang juga bisa menyebabkan rontok," ungkapnya. ***

Editor: Danita Aulia

Tags

Terkini

Ide Nama Bayi Laki-laki di Bulan Desember dengan Arti

Selasa, 30 November 2021 | 12:19 WIB

Tingkatkan Kualitas Tidur dengan Bantal yang Tepat

Kamis, 25 November 2021 | 09:15 WIB

Mau Jadi Ahli di Satu Bidang? Kuasai 3 Hal Ini

Kamis, 25 November 2021 | 06:15 WIB

5 Zodiak Ini Disebut Paling Malas, Kamu di Antaranya?

Minggu, 21 November 2021 | 20:53 WIB

Waspada! Ini Ciri-Ciri Gula Darah Tinggi

Senin, 15 November 2021 | 09:52 WIB

Mudah Didapat, Ini 7 Makanan untuk Tingkatkan Imunitas

Sabtu, 13 November 2021 | 14:15 WIB
X