• Senin, 5 Desember 2022

Sosok Sukitman, Saksi Mata Tragedi Berdarah G30S PKI di Lubang Buaya

- Selasa, 27 September 2022 | 14:11 WIB
Mayjen Soeharto memimpin operasi penumpasan terhadap G 30 S PKI, yang akhirnya menemukan jenazah 7 perwira yang diculik berkat petunjuk Sukitman.
Mayjen Soeharto memimpin operasi penumpasan terhadap G 30 S PKI, yang akhirnya menemukan jenazah 7 perwira yang diculik berkat petunjuk Sukitman.

JAKARTA, Klikaktual.com- Sumur maut Lubang Buaya menjadi saksi bisu peristiwa berdarah G30S PKI.

Tidak banyak yang tahu siapa penemu sumur Lubang Buaya tersebut. Penemu sumur Lubang Buaya itu adalah polisi berpangkat II bernama Sukitman.

Sukitman merupakan laki-laki yang lahir di Desa Cimanggu, Pelabuhan Ratu, Jawa Barat. Ia menjadi saksi dikuburnya tujuh jenazah Perwira tinggi militer Indonesia ke dalam Lubang Buaya.

Baca Juga: Prediksi PSIM Yogyakarta vs Persela Lamongan di Liga 2, Susunan Pemain hingga Prediksi Skor

Pada saat itu Sukitman sedang menjalankan tugasnya melakukan patroli di kawasan Blok M. Tiba-tiba, Sukitman mendengar suara tembakan yang diikuti dengan serangkaian tembakan lain. Mengetahui hal itu, Sukitman bergegas menghampiri sumber suara dengan sepeda.

Ternyata lokasi penembakan itu adalah di kediaman Brigadir Jenderal DI Panjaitan. Kesaksian Sukitman membuat dirinya ikut diringkus gerombolan G30S PKI. Sukitman ikut diculik dan dibawa ke Lubang Buaya.

Tapi dia tidak berada tepat di depan Lubang Buaya. Dia disekap di bilik tempat para eksekutor membersihkan darah dari senjatanya.

Baca Juga: Prediksi Timnas Indonesia vs Curacao Leg Kedua: Shin Tae-yong Berpotensi Lakukan Rotasi

Diketahui jika gerombolan G30S PKI bolak balik menembakkan peluru ke dalam sumur. Menyaksikan aksi keji itu membuat Sukitman ketakutan.

Halaman:

Editor: Ida Ayu Komang

Tags

Terkini

5 Tips Agar Cuti Akhir Tahunmu Bermanfaat

Senin, 5 Desember 2022 | 14:55 WIB
X