• Rabu, 28 September 2022

Cara Menyimpan Tepung Terigu Supaya Tetap Awet

- Jumat, 23 September 2022 | 08:43 WIB
Ilustrasi Tepung Terigu
Ilustrasi Tepung Terigu

JAKARTA, Klikaktual.com - Harga tepung terigu 1 kg saat ini memang tersebut murah, tetapi bukan berarti membuang produk lama dengan segera adalah hal baik. Jika memang produk lebih cepat memperlihatkan tanda-tanda kualitasnya menurun, coba terapkan cara menyimpan tepung terigu berikut agar lebih awet.

1. Simpan di Wadah yang Kedap Udara

Salah satu cara untuk menjadikan tepung terigu lebih awet adalah dengan menyimpannya di wadah. Seperti diketahui, harga tepung terigu 1 kg berada di kisaran Rp10 ribuan sehingga wajar jika produknya dikemas dalam plastik.

Oleh karena itu, sistem keamanannya akan sangat berkurang, terlebih saat plastiknya telah dibuka. Untuk keamanan dan kebersihannya, pindahkan tepung ke dalam wadah yang bersih, kering, dan kedap udara agar kualitasnya terjaga.

2. Pisahkan Tepung Baru dengan Tepung Lama

Cara selanjutnya dalam menyimpan tepung terigu agar tetap awet bisa dengan memisahkan tepung yang baru dibeli dengan terigu lama. Pastikan untuk menyimpannya dengan tertata dan menggunakannya secara berurutam, yakni mendahulukan yang lebih dulu dibeli.

3. Beri Label Tanggal Kedaluwarsa

Seperti diketahui, tiap-tiap tepung terigu yang dipasarkan mengandung pengawet alami sehingga terdapat tanggal kedaluwarsa di setiap produknya. Supaya tepung terigu tetap aman digunakan, pastikan mencatat tanggal kedaluwarsa di wadah.
Jadi, meskipun plastiknya telah dibuang, Anda tidak akan lupa kapan produk kedaluwarsa.

4. Beri Label Tanggal Produk Disimpan

Halaman:

Editor: Ida Ayu Komang

Tags

Terkini

25 Quotes Lucu yang Bikin Kamu Terhibur di Hari Senin

Senin, 26 September 2022 | 23:06 WIB
X